-->

Ibarate wayang, urip iku manut dalang




Sering kita lupa berfikir bahwa setiap detik kejadian di dunia ini sudah dalam sebuah skenario yang ditetapkan sebelum adanya kehidupan ini, skenario itu berjalan atas sebuah kehendak dzat yang maha kuasa,  dzat yang maha segalanya. 

Kita sering terlupa,  kita sering terlarut dalam kesedihan,  terjebak dalam pemikiran yang sempit, seolah olah kejadian dalam kehidupan ini adalah atas kehendak dan perencanaan kita, padahal tidak ada satupun kehendak yang terjadi itu lepas dari skenario Allah, semua makhluk terikat sebuah takdir yang harus dijalani dalam fase kehidupan yang berkelanjutan sampai pada muara kehidupan abadi di akherat.

Tiada daya dan upaya yang sanggup merubah sebuah qadha Allah,  tetapi dengan usaha dan doa kita, tentunya disertai ridha Allah takdir bisa berubah hanya sebatas pada qadar Allah,  dan kita harus berjalan sesuai dengan kehendakNYA. 

Jangan pernah fikirkan setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupanmu,  jalani dan ikuti kemana arah kehidupan kita,  ibarat wayang semua terjadi atas kehendak dalang,  begitu pula kehidupan ini berjalan atas kehendak Allah. 

Baik dan buruk kehidupan kita,  Allah sudah membuat sebuah catatan dan skenario yang sudah dan akan kita jalani dalam kehidupan ini sampai pada datangnya sebuah kematian.  Bebaskan,  lepaskan diri kita dari belenggu belenggu pikiran yang menyiksa dan atas keresahan yang kita selalu berfikia apa yang akan terjadi di masa yang akan datang

Manut,  madep,  mantep , pasrah atas takdir Allah SWT, kehendaknya tidak perlu dirisaukan dan bahkan meratapi sebuah kenangan buruk yang mungkin terjadi di masa lalu, jalani saja kehidupan ini dengan sebaik baiknya biar Allah yang bekerja dengan kehidupan kita. 

Wayang manut dalang,  menungso manut lakune gusti Allah,  pasrahkan dan bebaskan dari pikiran pikiran yang membelenggu kita, semua terjadi atas kehendakNYA

Lamongan, 27-06-2017

0 Response to "Ibarate wayang, urip iku manut dalang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel